Sabtu, 01 Januari 2022

Kontekstual

 Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial, dan kultural) sehingga siswa memiliki pengetahuan/keterampilan yang secara fleksibel da-pat diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan /konteks ke permasalahan/ konteks lainnya.

Dalam Pembelajaran CTL, guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep ini, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung lebih alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.

Dalam kelas kontekstual, tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuannya. Guru lebih banyak berurusan dengan strategi daripada memberi informasi. Tugas guru mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja ber-sama untuk menemukan sesuatu yang baru bagi anggota kelas (siswa). Sesu-atu yang baru datang dari menemukan sendiri bukan dari apa kata guru. Begitulah peran guru di kelas yang dikelola dengan pendekatan kontekstual.Teminabuan(18/11), Kepala LPMP Papua Barat diwakili oleh Kepala seksi Supervisi dan Fasilitasi Peningkatan mutu Pendidikan, Yustus Awoitauw, dalam acara pembukaan Bimtek Kurikulum Kontekstual Papua Barat Tahun 2019, menyampaikan bahwa Kurikulum kontekstual bertujuan untuk menciptakan media dan model pembelajaran yang berangkat dari akar budaya masyarakat setempat. Dengan demikian diharapkan Bapak/ibu guru peserta dapat mengembangkan dan mendesiminasikan kreatifitas pengembangan Kurikulum kontekstual di tempat tugas masing-masing.

Bimtek Kurikulum Kontekstual Papua Barat Tahun 2019 diikuti oleh 72 peserta yang berasal dari Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, Tambrauw dan Raja Ampat. Kegiatan ini berlangsung 2 (dua) hari yaitu dari tanggal 18 s.d 19 November 2019.Dalam Acara Penutupan Kegiatan, Kepala LPMP Papua Barat turut hadir dalam memberikan beberapa arahan sekaligus menutup secara resmi kegiatan Bimtek Kurikulum Kontekstual Papua Barat Tahun 2019 (19/11), menyampaikan bahwa percepatan pembangunan menuntut manusia untuk bergerak dinamis, siap menghadapi segala bentuk perubahan. Di bidang pendidikan, Kurikulum yang sedang berlaku selalu menuntut pengembangan agar dapat disesuaikan dengan perkembangan pola pikir peserta didik. Pengembangan Kurikulum ke arah kontekstual menjaga bentuk perubahan agar selalu menitikberatkan pada akar budaya dan lingkungan masyarakat setempat. Kepala LPMP juga mengingatkan setiap peserta untuk mempersiapkan diri melakukan pendampingan di tempat tugasnya masing-masing. (Bram)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRANSFORMASI GEOMETRI

TRANSFORMASI GEOMETRI Dwi aini putri XI IPS 1  Pengertian Transformasi Geometri Sebelum mengetahui pengertian dari transformasi geometri. Ki...